Pages

Selasa, 01 Desember 2015

Kegiatan dan Manajemen Data Telematika



Manajemen data merupakan bagian dari sumber daya informasi yang mencakup kegiatan yang memastikan bahwa sumber daya informasi disajikan pada pemakai secara akurat, up to date (mutahir), dan aman dari gangguan. Fungsi manajemen data untuk memberikan informasi yang lebih akurat. Kegiatan manajemen data mencakup :

  • Pengumpulan Data adalah semua data disimpan dalam satu wadah dan diatur pembagian data  tersebut bagi yang membutuhkan.
  • Integritas dan Pengujian adalah semua data sudah dipastikan bahwa teruji dan dapat dipertanggung jawabkan dalam bentuk informasi.
  • Penyimpanan adalah semua data disimpan dalam satu wadah yang disebut computer dan didalam computer tersebut terdapat database.
  • Pemelihraan adalah data yang diperoleh selalu dilakukan maintenance(pembaruan) secara berkala agar tidak terjadi kerangkapan data.
  • Keamanan adalah data dilengkapi dengan fitur protect, untuk mencegah terjadinya pencurian data.
  • Organisasi adalah data diorganisasikan oleh satu orang dan di atur oleh satu orang.
  • Pengambilan adalah data dapat diambil apabila orang tersebut sudah memenuhi syarat-syarat pengambilan data, yang meliputi indentitas.

Definisi resmi manajemen data dari DAMA (Demand Assigned Multiple Access) adalah pengembangan dan penerapan arsitektur, kebijakan, praktik, dan prosedur yang secara benar menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Pada dasarnya, manajemen data melibatkan seluruh disiplin yang berkaitan dengan manajemen data sebagai sumber daya yang berguna.

Dengan kata lain, manajemen data telematika sendiri adalah suatu prosedur yang menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan bantuan telematika. Beberapa unsur penting yang harus dimiliki suatu manajemen data telematika, yaitu client, sebagai user (pengguna), server sebagai pusat pengambilan data, dan database sebagai tempat penyimpanan data.

Ruang lingkup manajemen data terbagi menjadi 2 bagian, yaitu : Lingkungan Luar (Eksternal), dan Lingkungan Dalam (Internal). Lingkungan luar meliputi politik, hokum, teknologi, kondisi lingkungan alam, media, lembaga keuangan, dan sebagainya. Sedangkan lingkungan dalam terdiri dari manusia, finansial, fisik, sistem dan teknologi, serta sistem nilai dan budaya organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar