Pages

Jumat, 24 Mei 2013

Manusia Dan Penderitaan (SoftSkill)



MANUSIA DAN PENDERITAAN
PENDERITAAN
Penderitaan adalah suatu keadaan dimana kita merasa disakiti atau di tindas secara fisik maupun mental. Contoh secara fisik yaitu : mengalami suatu musibah, terkena penyakit, dll. Contoh secara mental yaitu : mendapat cacian, di kecewakan, di kucilkan, di khianati dan diitinggalkan.

Dalam pengertian lain, penderitaan berasal dari kata "derita" dan kata derita berasal dari bahasa sansekerta "dhra" yang artinya menahan atau menanggung. Penderitaan bisa saja di alami oleh semua orang. Penderitaan sesorang belum tentu sama dengan penderitaan yang di alami oleh orang lain. Tingkat intensitas penderitaan juga bertahap yaitu dari yang ringan hingga yang berat. Penderitaan merupakan langkah awal sesorang untuk bangkit dari keterpurukan agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berikut saya berusaha menguraikan penderitaan secara fisik maupun secara mental yaitu:

Mengalami suatu musibah berarti suatu kejadian yang diluar logika atau nalar yang sebelumnya sudah direncanakan tetapi melainkan belum direncanakan atau tanpa kehendak siapapun kecuali dari tuhan dan biasanya musibah ini dapat berupa musibah secara material maupun non material. Musibah ini biasanya dialami oleh orang tanpa diketahui sebelumnya karena dating begitu saja, sedangkan musibah terkadang datang karena perbuatan manusia itu sendiri yang membuat manusia itu menderita karena kebodohannya sendiri. Seperti:bencana alam,merampok,narkoba, dll. Padahal sudah jelas dari hal tersebut dapat mendatangkan musibah tapi mereka tidak memperhatikannya dan berusaha menjauhinya melainkan berusaha mencari tahu tetapi yang akhirnya membuat mereka ikut serta dalam hal” tersebut karena berbagai alesan ini membuat penderitaan yang sangat mendalam baik untuk pribadi mereka ataupun orang-orang terdekatnya, ini sangat mempengaruhi secara fisik yang sedang mengalami hal tersebut.

Terkena Penyakit berarti suatu kehendak yang selalu ada sebab dan akibat yang membuat mereka terkena penyakit dari perbuatan atau aktifitas yang dilakukan manusia. Banyak sebab yang membuat mereka terkena penyakit dari mulai mereka tidak peduli dengan kesehatan, kekurangan materi, ataupun terlalu sembrono dan tidak menggubris akan bahayanya dari suatu makanan yang mengakibatkan terjadinya penyakit, dll. Hal ini sudah biasa terjadi di lingkungan masyarakat sekitar dan seringkali masyarakat yang terkena penyakit membuat mereka menderita dan kehilangan kebebasan untuk berbuat sesuatu atau yang mereka inginkan karena suatu keterbatasan yang disebabkan oleh penyakit tersebut. ini sangat-sangat membuat mereka menderita, oleh sebabnya mereka harus lebih peduli dengan kesehatan dan lebih memperhatikan pola hidup sehat, Dengan cara: olahraga,makan-makanan yang bergizi, dll.

Mendapat Cacian adalah suatu hal yang biasa terjadi dilingkungan sekitar kita biasanya orang-orang yang mendapat cacian ini karena keterbatasan mereka dalam suatu hal yang meyebabkan mereka mendapatkan cacian atau bias juga karena mereka berbuat hal yang konyol atau merugikan orang banyak. Cacian berarti hinaan atau suatu ucapan yang membuat orang yang dicaci menjadi merasa menderita karena tidak bisa berbuat banyak untuk dirinya sendiri, cacian ini biasanya diterima orang-orang yang pernah melakukan kesalahan yang akhirnya mereka mendapatkan cacian sampai akhirnya mempengaruhi mental mereka yang akhirnya mereka merasa menderita.

DiKecewakan adalah suatu hal yang biasa terjadi dan dialami oleh masyarakat sekitar yang sedang mengalami suatu permasalahan karena berbagai macam hal. Biasanya kekecewaan yang didapatkan selalu menghasilkan penderitaan yang begitu mendalam bagi pribadi yang sedang mengalami hal tersebut, kekecewaan dapat ditimbulkan oleh berbagai hal dari mulai:diputusin pacar, dibohongin seseorang, dll.

DiKucilkan artinya suatu kejadian dimana orang mendapatkan suatu perlakuan yang berbeda dari pada masyarakat yang laennya biasanya hal tersebut dapat terjadi karena berbagai alasan dan selalu ada sebab dan akibatnya yang akhirnya menghasilkan sesuatu yang membuat mereka dikucilkan. Dikucilkan berarti dijauhi atau dipandang berbeda dari pada orang-orang biasanya, jelas dari hal tersebut membuat mereka orang-orang yang merasa dikucilkan mendapatkan penderitaan secara fisik maupun mental karena hal tersebut sangat mempengaruhi aktifitas mereka sehari-hari bagaimana mereka ingin bersosialisasi dengan masyarakat sekitar maupun ingin hidup bebas dan sebagaimana mestinya.

DiKhianati adalah kejadian dimana seseorang mendapatkan masalah yang akhirnya membuat mereka merasa mendapatkan penghianatan dari suatu hal.  Dikhianati biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti:dibegoin, dibohingan, dll. Hal ini sangat-sangat mempengaruhi pribadi yang sedang mengalami hal tersebut yang akhirnya membuat mereka yang sedang mengalami hal tersebut jadi merasa menderita dan ini mempengaruhi mental mereka.

SIKSAAN
Siksa berasal dari bahasa inggris "torture" yang artinya digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan sesuatu. Segala tindakan yang menimbulkan penderitaan, baik secara fisik maupun mental, yang dilakukan terhadap seseorang dengan tujuan balas dendam, hukuman, intimidasi dan sadisme dapat dikatakan sebagai penyiksaan. 

Siksaan digunakan sebagai cara untuk pemaksaan sesuatu, kepentingan pribadi dan kepentingan hukum. Penyiksaan hampir secara universal telah di anggap sebagai pelanggaran berat hak asasi manusia. Manusia mempunyai hak asasi dalam melindungi dirinya dari siksaan. 

KEKALUTAN MENTAL 
Kekalutan mental merupakan suatu keadaan dimana jiwa seseorang mengalami gangguan, kekacauan dan kebingungan dalam dirinya sehingga ia merasa tidak berdaya. Ketika kekalutan mental sedang terjadi, seseorang tersebut sedang mengalami kejatuhan mental dan tidak tahu apa yang harus di lakukan oleh orang tersebut. Apabila mental sedang jatuh tak terkadang dapat membuat orang menjadi stres dan gila. Oleh karena itu orang yang mengalami kekalutan mental harus mendapat dukungan dari orang - orang sekitar seperti keluarga, orangtua dan teman. 


Tahapan tahapan gangguan jiwa adalah : 
- gangguan kejiwaan nampak dalam gejala gejala kehidupan sipenderita baik jasmani maupun rohaninya.
- usaha mempertahankan diri dengan cara negatif yaitu mundur atau lari 
- kekalutan merupakan titik parah dan yang bersangkutan mengalami gangguan.

Sebab sebab timbulnya kekalutan mental :
- kepribadian yang lemah
- terjadinya konflik sosial budaya
- cara pematangan batin

Penderita kekalutan mental dapat terjadi di lingkungan :
- kota kota besar
- anak anak muda
- wanita
- orang yang tidak berguna
- orang yang selalu mengejar materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar